Mengganti Template Opencart

Mengganti Template Opencart
Pada artikel/tutorial mengganti template opencart terbilang cukup mudah, sebab kita hanya melakukan download template yang di inginkan lalu melakukan upload data templatenya ke hosting Anda. Berikut di bawah ini cara mengganti template opencart Anda.

 

Langkah 1
Download template opencart yang Anda inginkan, download di situs aslinya atau bisa di situs yang terpercaya. Untuk menghidari adanya serangan hacker di kemudian hari, yang di sebabkan oleh adanya lubang/hole di scripts template yang Anda download atau bisa juga dari situs yang tidak terpercaya menyisipkan injeksi login ke template dan melakukan serangan hacking.
Situs aslinya di Opencart.com

Langkah 2
Setelah template sudah di download silahkan extract di komputer/laptop/PC Anda. Pastikan template yang Anda download versinya sama dengan versi Opencart yang Anda miliki. Karena jika versinya tidak sesuai maka template yang Anda download tidak akan bisa di pasangkan ke Opencart Anda.

Langkah 3
Buka folder file template yang Anda extract tadi. Lalu compress folder Catalog, setelah itu compress lagi folder dengan nama Images.

Langkah 4
Login ke cPanel hosting Anda.
Login Cpanel

Langkah 5
Jika sudah login ke cPanel hosting Anda, lalu masuk ke menu File Manager dan centang Home Directory atau Web Root (public_html/www) pilih nama domainnya dan terakhir centang Show Hidden Files (dotFiles) klik Go.
File Manager

 

Langkah 6
Masuk ke dalam public_html dan klik menu Upload yang ada di kiri atas, upload file compress yang tadi Anda lakukan di langkah ke 3.
Upload

 

Langkah 7
Arahkan anak panah mouse di komputer Anda ke file compress yang tadi Anda upload lalu klik kanan pada mouse dan pilih Extract atau klik tombol Extract yang ada di kanan atas (dalam kurung merah di gambar).
Extract

 

Langkah 8
Jika sudah di Extract dengan benar, sekarang Anda masuk ke administrator dari Opencart Anda. Lalu masuk ke Settings klik icon pencil di sebelah kanan kolom Action, pilih tab General dan ganti template dengan template yang sudah Anda upload tadi kemudian klik Save.

 

Selanjutnya tinggal Anda melakukan editing tampilan di template atau website Anda, seperti menambahkan banner, logo atau lainnya.

 

Selamat mencoba

Terima kasih

Facebook Comments

Apakah artikel ini membantu?

Artikel Terkait