Setting Nodejs di Hosting cPanel

Penjelasan singkat mengenai node.js

Node.js adalah Perangkat lunak yang di desain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dan di tulis dalam sintaks bahasa pemrograman JavaScripts . Bila selama ini kita mengenal JavaScripts sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client ( client side ) atau di browser saja , maka nodejs ada untuk melengkapi peran JavaScripts sehingga bisa juga berlaku sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server ( server side ) seperti halnya bahasa pemrograman PHP , Ruby , Perl dan lainnya . Node.js di ciptakan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009 .

Berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah setup nodejs pada cPanel .

1 . Login ke cPanel 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel . Silahkan akses https://domainanda.com/cpanel . Kemudian masukan user dan password cpanel anda .

2 . Masuk ke menu Setup Nodejs App

Setelah berhasil login ke cPanel , masuk ke menu Setup Nodejs App . Pada kolom pencarian ketik saja nodejs nanti akan langsung muncul menu Setup Nodejs App .

 

nodejs

 

3 . Membuat Aplikasi baru nodejs

Untuk membuat Aplikasi nodejs baru silahkan klik Create Application .

  • Nodejs Version ( Tersedia pilihan versi nodejs , silahkan di pilih salah satu . rekomendasi gunakan versi 8 karena lebih stabil dari yang lain )
  • Application mode ( Tersedia mode production dan development )
  • Application root ( Folder root atau lokasi file aplikasi nodejs berada )
  • Application URL ( Silahkan pilih domain atau subdomainnya )
  • Application startup file ( Biarkan kosong saja )

Kemudian klik tombol create

 

new app node js

 

4 . Setting Nodejs baru berhasil

Untuk masuk ke nodevenv atau virtual environment silahkan copy path yang ada di bagian atas , kemudian jalankan pada SSH access . Untuk cara akses SSH pada cPanel bisa di lihat pada artikel .

 

nodejs

Facebook Comments

Apakah artikel ini membantu?

Artikel Terkait

Leave A Comment?